Kekekalan Energi

2:16:00 pm


Kalau udah deket, pisahnya susah.

Aseli, nggak gampang untuk ninggalin kebiasaan buruk. Meskipun kita tahu suatu tindakan itu tidak baik dan tidak benar, sulit bagi kita untuk meninggalkannya karena kita terlanjur udah punya "chemistry" dan "ikatan batin" yang kuat, Halah.

Kebiasaan buruk gw yang lagi berusaha gw kurang-kurangin (iya, dikurang-kurangin karena untuk ditinggalkan sepenuhnya itu sepertinya mustahil untuk gw lakukan saat ini) adalah: megang smartphone.

Apa yang salah dengan megang smartphone? Lagian gw ngga pake smartphone untuk ngulek sambel terasi atau gebuk kepala orang.. artinya gw menggunakan smartphone ini sudah sesuai dengan kaidahnya dan tidak melakukan penyalahgunaan terhadap benda elektronik ini, bukan?

Tapi, buat gw pribadi, megang smartphone terus-menerus (terutama setelah di luar jam kerja) adalah hal yang ngga bisa ditoleransi. Ini bukan tulisan pertama gw soal kecanduan gadget, kan? Udah pada muak nih kayaknya pembaca gw karena hampir sebulan sekali gw bahas pengaruh gadget bagi kelanggengan perkembangbiakan manusia. 

Intinya, kepada diri gw sendiri, gw akan selalu menegaskan bahwa smartphone harus diletakkan kalau di luar jam kerja dan hanya boleh dipegang serta diakses kalau ada perlunya aja (seperti ada yang chatting, nanya-nanya soal kerjaan, atau memainkan musik). 

Tapi sebuah kebiasaan yang udah terpola dan terjahit selama kurun waktu yang lama, harus diberantas dalam waktu yang lama pula. (Kecuali: merokok. Gw udah sering denger cerita temen-temen gw yang berhenti merokok bukan dengan mengurangi jumlah rokok yang dihisap tiap hari, melainkan secara langsung nggak merokok sama sekali mulai dari hari pertama mereka ingin berhenti sampai seterusnya. Buat gw, ini emejing).

Gw sadar, kalau megang smartphone itu gw anggap sebuah kesalahan, maka harus ada penggantinya. Menghilangkan sesuatu harus dibarengi dengan memunculkan sesuatu lainnya. Maka, gw membeli banyak buku. Mulai dari biografi Jokowi sampai daftar keajaiban Ripley's, gw beli semuanya. Tujuan utama gw membeli buku-buku tersebut bukanlah untuk membacanya (itu tujuan sekunder), tetapi tujuan utamanya adalah supaya gw punya kegiatan baru/punya alesan untuk engga megang smartphone lagi.

Yah, niat itu harus dipaksain sampe benar-benar tereksekusi. Lo ngga mau kan, dibilang master of retorika?

Apakah gw berhasil mencegah diri gw bermain smartphone dengan sekejap, setelah gw mengelilingi diri gw dengan banyak buku?

Sayangnya, tidak.

Secara teori di atas kertas itu harusnya bener, tapi teori kan bisa kadaluwarsa.

Dalam kasus gw, teori bahwa membaca buku membuat kita lupa dan enggan untuk bermain smartphone adalah teori usang. Yah, walaupun gw juga nggak tau darimana teori itu awalnya muncul. Sepertinya, itu hanya teori yang sempat meletup di otak gw.

Gw harus melakukan sesuatu. Buku-buku kurang berhasil menyelamatkan gw dari perangkap potensi kecanduan gadget. Maka, gw mulai mengeliminasi penggunaan smartphone. Seperti yang gw bilang di atas tadi: kalau cuma sekedar nyetel lagu atau melibatkan kerjaan, sah-sah aja gw megang smartphone.

Langkah sederhana tapi lumayan  manjur: gw uninstall Instagram, salah satu app yang paling banyak menyita perhatian (dan kuota) gw. Aseli, ngga buka Instagram dua hari aja udah serasa 2 minggu. Beneran. Apalagi buat gw yang dikit-dikit bikin Instastory: foto makanan gw jadiin Instastory, screenshot playlist hari ini dibikin Instastory. Duh, rasanya tuh kehilangan. Alaah. Cemen nih gw,

Proses ini belum berakhir cuy! Gw harus bisa konsisten ngga main Instagram sampai 1 bulan. Setelah target 1 bulan tercapai, tinggal gw lanjutin jadi 2 bulan, 3 bulan.. lama-lama setahun deh. Abis itu, selamanya deh! Huaaa... ngga sabar menunggu saat itu tiba! Sebelum kenal Instagram kan, gw bisa hidup tenteram tanpa dia.

Oke, biarkanlah waktu yang akan menguji semua angan-angan gw hari ini. Gw akan terus mengelilingi diri gw dengan buku-buku bacaan sampai gw bahkan ngga punya hasrat untuk megangin smartphone.

Satu hal sederhana yang gw pelajari dari kejadian ini adalah: gw melakukan "kebiasaan buruk" karena gw kelebihan energi. Istilah ini gw temukan setelah gw melihat seorang temen gw yang doyan nge-bully rekan kerjanya, tapi giliran dikasi kerjaan dia malah males-malesan luar biasa. Gw tuh kesel, kenapa ni orang bisa semangat pas bully orang lain, tapi kayak langsung lemes saat mesti kerja. Ternyata alasannya simpel: sejak awal dia mengalokasikan energinya untuk becanda, ketawa-ketiwi, dan hura-hura. Ya jelas, begitu ketemu objek bully-an, orang ini seakan langsung mengaktifkan energinya. Tapi giliran dikasi jobdesc, energi doi melempem kayak kerupuk disirem air keran.

Kita melakukan kebiasaan buruk bukan hanya karena ada kesempatan dan niat, tapi juga karena kita punya energi untuk melakukannya. Gw lebih suka mengatakan bahwa kita kelebihan energi (soalnya kita pasti engga pernah dengan sengaja menyisihkan energi untuk melakukan hal buruk, kan?)

Ngomongin soal energi, di dunia ini kebetulan ada Hukum Kekekalan Energi yang berbunyi:
Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Energi hanya dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. (konversi energi)

Itu dia alasannya kenapa gw demen banget maen smartphone tanpa henti untuk hal-hal nggak penting. Gw tanpa sadar menggunakan energi gw untuk melakukannya! Solusinya sederhana: gw harus dengan sengaja dan dengan penuh kesadaran mengalokasikan energi gw untuk dipakai kegiatan lain, seperti membaca buku. 

Hukum Kekekalan Energi di atas menyimpulkan adanya konversi energi. Kalau energi gw terus-menerus disedot oleh aktivitas main smartphone, lama-lama akan terkonversi menjadi: mata gw makin minus, badan gw makin membungkuk karena liat layar terus menerus, otak gw juga makin dongo karena jarang dilatih.

Sementara kalau gw memakai energi yang sama untuk membaca buku, energi tersebut akan terkonversi menjadi kecerdasan bagi otak gw (mudah-mudahan yak!), peningkatan daya ingat, dan sebagainya.

Hukum Kekekalan Energi menjelaskan masalah hidup yang kita alami. Terima kasih, fisikawan! Walaupun gw kesel sama itungan rumusnya yang njelimet waktu SMA dulu, ternyata ilmu fisika ada gunanya juga buat masa depan gw. Aha!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ganti HP aja, Yen. Sama HP nokia 3310. Lagi booming di tahun 2017. Check it out : https://www.droidlime.com/artikel/harga-nokia-3310.html :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah ya cuma 700k.. Lumayan buat maen game Snake.. wkwkwkw

      Delete

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest