Selamatkan Diri Kalian dari Sosial Media!

3:50:00 pm

Hari pertama di tahun 2016. Selamat datang!

Siang ini gw seperti biasa lumutan di kamar.

Sambil dengerin lagu-lagunya Westlife yang lawas abis, gw berusaha menahan rasa sakit di perut gw karena pencernaan gw kurang lancar. Untungnya seumur-umur gw belum pernah kena sakit maag meskipun telat makan atau ngga makan seharian sama sekali. Syukurlah.

Siang ini ada bau aneh yang tercium dari luar rumah. Pas gw buka pintu, seorang ibu yang merupakan tetangga gw sempet bilang bahwa ini adalah bau kemenyan. Tebakan gw salah, deh. Karena gw pikir ini adalah bau sampah. Ya elah lagian ngapain sih bakar sampah siang bolong begini.

Entah kenapa ya, kalau baru memasuki tahun baru tuh manusia rata-rata jadi pada bijak. Langsung bikin daftar resolusi lah, nampilin quote-quote tentang "move on" dari tahun yang lama dan siap melangkah menuju tahun yang baru lah, atau sejumlah gambar-gambar kembang api yang isinya kalimat-kalimat motivasi ala-ala Mas Mario Teguh. Ya, wajar sih, kita kan hidup di zaman dimana media sosial merajalela. Selain menjadi warga negara Indonesia kita juga menjadi warga negara di dunia maya atau istilahnya 'netizen.'

Nah, nyambung soal sosmed, gw pengen banget mengeluarkan uneg-uneg gw soal masalah-masalah yang timbul berkenaan dengan media sosial. Tenang, bahasa gw emang bagaikan kalimat pengantar di skripsi-skripsi anak sosiologi tapi sebenernya ini hanya ocehan ngawur yang meletup di otak gw beberapa hari belakangan ini.

Setelah gw pikir-pikir, ada beberapa masalah yang timbul terkait dengan maraknya sosial media yang kita gunakan hari-hari ini:

1) Kita mulai membandingkan diri kita dengan orang-orang yang mem-posting kegiatan seru mereka di sosmed.

Kita mulai merasa hidup kita sangat desperado sementara hidup mereka sangat menantang. Padahal, indahnya foto yang udah di-filter belum tentu seindah realitanya. Padahal, kita ngga tau ada apa di balik senyum lebar yang terukir di wajah mereka. Banyak yang ngga terjelaskan melalui sebuah foto. Tapi, tetep aja kita mulai iri dengan mereka. Mulai merasa hidup kita kurang menarik, kurang piknik, kurang kasih sayang, dll.

2) Kita mulai ingin menjadi seperti mereka--ya, seperti orang-orang yang menampilkan foto-foto mereka di sosmed.

Karena sohib kita terlihat kece dengan sepatu high-heels 12 cm, kitapun pengen beli, pengen pake, lalu difoto dengan pose ala-ala model Victoria's Secret.

Karena mantan kita terlihat bahagia sewaktu lagi liburan di antariksa, kitapun ngebet pengen beli tiket perjalanan pulang-pergi ke Mars. Maksa pula. Sampe ngutang sana-sini. Dengan tujuan apa? Ingin saingan sama mantan kita itu. Ingin tunjukkin ke doi bahwa kita juga bisa lebih bahagia daripada dia. Kan ngga pentinggggg???

3) Kita mulai ngga punya waktu untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting, karena kita terlalu sibuk liatin timeline di berbagai sosmed.

Tau ngga, semakin banyak app media sosial atau instant messaging yang kamu install di HP kamu, maka semakin lama pula kamu akan menghabiskan waktu bersama HP kamu itu. Dan akibatnya, kamu ngga punya waktu buat bersihin muka, mencuci piring, membetulkan pagar, atau membunuh kecoak yang seliweran di bawah ranjang kamu. Kamu terlalu asik dengan hal-hal menarik baik secara audio maupun visual yang kamu saksikan di sosmed. Kamu mulai 'mager' (malas gerak) dan 'mangap' (malas ngapa-ngapain) karena udah nempel banget ama tuh HP.

4) Terakhir dan ini yang paling penting: kamu semakin tidak bahagia dengan hidupmu.

Gw berani bertaruh, pasti ada penelitian yang dilakukan di belahan bumi mana gitu kek, yang berhasil mengungkapkan bahwa ada relasi antara penggunaan sosmed dan ketidakbahagiaan. Bagaimana mungkin kita bisa makin bahagia kalau kita kerjanya cuma duduk diem memandangi HP lalu ngga mengerjakan hal-hal yang bisa bikin diri kita berkembang? Bagaimana mungkin kita bisa makin bahagia kalau kita merasa hidup kita tidak semenarik hidupnya teman-teman yang lain?

Gitu, guys. Gw rasa, sudah saatnya kita untuk mengurangi app yang kita gunakan di HP. Kalau perlu kita bikin jadwal untuk kapan mulai megang HP dan browsing ini-itu. Jangan tiap 2 menit sekali lo mainin HP! Kapan lo kerja?

Dan mungkin akan tiba waktunya, dimana kita harus mengambil keputusan ekstrim: kita harus membakar HP kita. Bahahahaha....

Atau mungkin, yang tidak se-ekstrim itu: kita mulai kembali ke zaman prasejarah ketika kita hanya menggunakan HP candybar Nokia 3310 dengan ringtone polyphonic dan layar monochrome. Bahahahaha....

Atau, kamu punya ide lain?


You Might Also Like

4 komentar

  1. buakakakakak,, kocak dah liat untaian kata di atas, bener banget 4 point di atas..
    gw ada cara lain, baca Alkitab atau buku buku lebih baik..
    wawasan lebih terbuka, hati lebih peka..
    gw pernah berpikir bahasa apa ya yg paling berguna buat hidup gw dan nilainya juga gak sementara, tapi nilainya kekal, ya cuma 1, bahasa Alkitab,,
    sempet bljr bhs korea rasanya biasa aja kalo ud bisa, akhirnya stagnan.. hehe..
    pergunakan waktu yg ada sebijak mungkin deh pokoke, jgn maen hp molo (gw sih liat timeline dan mw tobat, amin!!) di dunia cuma numpang mba mbro

    ReplyDelete
    Replies
    1. So true! Nyandu media sosial (atau liatin timeline, hehe) bikin kita ngga fokus melakukan hal-hal kekal selama di dunia. Hidup yang udah singkat, malah jadi makin singkat gara-gara waktunya kesedot buat main gadget. Hmm, gimana Ma kalau kita gelar kampanye #oneyearoffline ? :D :D

      Delete
  2. wadooooh one year offline?? kalau mau meetup qt gmn? hubunginnya pake ape?
    back to the djadoel x ye, sms or by phone, tp gak efisien harganya mom..
    Bijak bijak aja pake hape nya, kalo butuh pake, jangan sampe addictif..
    kalo gak butuh lempar hape nye.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Back to surat-suratan pake merpati pos. Bahahaha. Lempar hapenya ke mana ma? Ke mangga dua aja x yee biar dijual lagi, haha.

      Delete

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest